Liburan ke Dunia Fantasi (Dufan) Ancol saat new normal (era baru) COVID-19 tetap menyenangkan. Kita tetap bisa aman dan nyaman dengan seluruh protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Kebahagiaan bisa kita rasakan meski kita berangkat sendiri. Atau akan tambah seru saat membawa teman baru, teman lama, gebetan, bahkan dengan keluarga tersayang.

liburan di dunia fantasi

Rekreasi Saat Pandemi

Liburan ke Dunia Fantasi Ancol tetap asyik meski saat kondisi wabah virus COVID-19. Aku datang bersama temanku pada 19 Agustus lalu. Ini sekaligus libur kerjaku jelang Tahun Baru Islam. Asyik donk kalau bisa main-main jelang libur panjang.

Aku memilih weekday biar tidak ramai. Maklum, kalau weekend suka berjubel masyarakat yang datang. Namun saat pandemi ini, Taman Impian Jaya Ancol membatasi pengunjung hanya 30 persen dari kapasitas penuh.

By the way, saat pandemi ini Dufan hanya membatasi pengunjung berusia 9 tahun hingga 60 tahun. Selain itu, mohon maaf ya belum bisa datang. Oh ya, ibu hamil juga dilarang masuk ya. Khawatirnya, mereka mudah tertular COVID-19 yang kita sendiri tidak tahu bisa berasal dari mana.

Dan yang penting lagi, rekreasi selama pandemi ini di Ancol hanya diperuntukkan bagi warga DKI Jakarta saja. Di luar itu masih belum boleh datang berkunjung. Ini akan memudahkan pelacakan jika terjadi pengunjung yang tiba-tiba positif COVID-19.

Semoga dalam waktu dekat juga akan dibuka untuk warga non DKI Jakarta ya. Semua kan butuh liburan murah dan menyenangkan meski di dalam kota.

Cara Reservasi Kunjungan ke Ancol

Saat pandemi ini, semua reservasi kunjungan liburan ke Dunia Fantasi Ancol dilakukan secara daring. Baik tiket masuk untuk ke Ancol, Dunia Fantasi atau wahana lain di Taman Impian Jaya Ancol.

Prosesnya gampang. Cukup registrasi di website Ancol, konfirmasi melalui email, reservasi melalui website Ancol, dan tiket akan dikirim ke email.

Aku bersama temanku kebetulan hanya naik sepeda motor. Jadi cukup membayar Rp 15 ribu untuk parkir motor dan masing-masing Rp 25 ribu untuk tiket ke Ancol. Aku kebetulan masih punya annual pass Dufan. Jadi bisa gratis masuk Dufan. Yeay asyiknya.

Bagi kalian yang tidak memiliki annual pass, tiket bisa dibeli di Ancol kok. Asyiknya lagi, sekarang ada harga tiket Ancol promo double fun yang bisa diperoleh sekarang hingga 31 Agustus 2020 ini. Harganya cuma Rp 240 ribu untuk weekday dan Rp 340 ribu untuk weekend.

Harga tiket dunia fantasi ancol

Mau lebih murah lagi? Dufan lagi promo gede-gedean jika membeli tiket di Indomaret. Promonya mulai 19 Agustus hingga 30 September 2020. Harganya cuma Rp 145 ribu untuk weekday dan Rp 190 ribu untuk weekend. Kurang beruntung apa coba?

harga tiket khusus dunia fantasi

Jam Operasional Ancol Saat Pandemi

Ini perlu banget untuk dicatat ya. Liburan ke Dunia Fantasi Ancol saat pandemi ini sangat berbeda. Taman Impian Jaya Ancol hanya membuka wahana Dufan dan lainnya pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB, baik weekday maupun weekend.

Maklum, lebih dari 4 bulan dikurung di kamar. Keluar kamar paling untuk beli makan dan sesekali ikut car free day (CFD) di Jakarta yang baru dibuka 2 bulan terakhir.

Perlu diingat juga, pintu masuk Ancol hanya dibuka di sisi timur saat weekday. Namun untuk weekend, pintu barat juga akan dibuka bersamaan. Patokannya, yang dekat Marina itu pintu sebelah barat. Jadi jangan sampai salah jalan ya.

pintu gerbang dunia fantasi ancol

Pengalaman Liburan ke Dunia Fantasi Ancol

Tak keluar rumah selama 4 bulan cukup terasa membosankan. Namun kini beberapa tempat rekreasi mulai dibuka untuk memenuhi hasrat masyarakat dalam berwisata.

Untuk mencegah penularan COVID-19, sebaiknya kita pakai siapkan masker cadangan dalam bepergian, tak terkecuali saat liburan ini. Bawalah hand sanitizer hingga alat untuk beribadah (sarung hingga sajadah) sendiri untuk menjaga kita tetap aman dari virus mematikan.

Saat di pintu masuk Ancol, kita akan diperiksa tiket sekaligus suhu badan. Pengunjung yang memiliki suhu di atas 37,3 derajat celsius dilarang masuk.

Petugas di pintu gerbang Dufan pun akan selalu siaga dengan mengatur jarak antar pengunjung dan menyemprotkan cairan hand sanitizer. Di bagian antrean juga sudah dipasang pembatas berupa garis.

wahana bianglala dunia fantasi

Tiket masuk bisa langsung kita pindai (scan) di pintu gerbang. Semua proses sudah elektronik dan tanpa kertas, kecuali tiket parkir masuk Ancol yang harus kita pindai kembali saat keluar Ancol.

Saat mencoba beragam wahana, petugas akan mengatur jaga jarak antrean pengunjung, mengingatkan selalu memakai masker, dan kembali menyemprotkan hand sanitizer.

Tempat duduk saat menaiki wahana juga dibuat berjauhan. Namun kita bisa berdekatan jika satu keluarga. Untuk naik wahana pun tidak butuh antrean panjang. Maklum Dufan masih membatasi kapasitas penjunjung yang masuk. Jadi masih enak kalau ingin main sepuasnya di Dufan tanpa antre seperti hari biasa.

Makanan Minuman di Dufan

Pandemi ini mengubah masyarakat dalam bertransaksi. Kita dipaksa berubah dari uang tunai menjadi nontunai.

Namun cara pembayaran nontunai ini menguntungkan karena praktis, tanpa perlu membawa dompet tebal, atau uang kembalian. Asyiknya lagi, banyak merchant menawarkan diskon atau cashback saat pembelian mengggunakan dompet digital, seperti OVO, Gopay, Dana, ShopeePay, dan lainnya.

Kalau belum punya dompet digital bagaimana? Tenang aja kok. Di beberapa merchant masih menerima uang tunai. Bahkan vending machine yang menjual minuman di dekat beberapa wahana di Dufan masih menggunakan uang tunai.

Oh ya, kalau kalian ingin membawa camilan kecil, Ancol masih memperkenankan. Tapi ini bukan makanan berat kayak nasi dan lauk pauknya. Soalnya di Ancol dan Dufan juga sudah banyak restoran yang menjualnya, meski pekan lalu belum banyak restoran yang buka.

Ancol juga mematikan keran air mineral yang bisa diisi gratis. Mungkin ini untuk jaga-jaga untuk mencegah penularan COVID-19. Kita kan tetap harus hati-hati ya.

Selepas puas main di Dufan seharian, aku mampir sebentar di Pantai Carnaval Ancol untuk menikmati matahari terbenam. Aku ingin COVID-19 segera hilang agar aku bisa membawa keluargaku liburan ke sini di masa mendatang.