Liburan di Dufan Kini Makin Menyenangkan

Seneng banget akhirnya aku bisa liburan lagi pas pandemi ini. Soalnya aku udah kangen banget ama liburan. Tapi, liburannya enggak perlu jauh-jauh. Cukup liburan dalam kota saja, yang murah meriah dan lengkap.

Akhir pekan lalu, aku dan teman-teman datang kembali ke Dunia Fantasi (Dufan) Ancol. Terakhir, aku ke Dufan sih tahun lalu sehabis lebaran. 

Aku pilih Dufan karena lokasinya enggak jauh dari rumah. Aku kan tinggal di kawasan Salemba, Jakarta Pusat. Cukup naik TransJakarta dari halte busway Salemba UI dengan membayar Rp 3.500 per orang. Perjalanannya pun singkat, hanya sekitar setengah jam. Paling lama, sekitar 45 menit kalau banyak orang yang naik. 

Tiket Masuk Dufan 2021

Berhubung untuk masuk kawasan Dufan harus melalui Ancol, kita harus membeli tiket masuk Ancol terlebih dahulu nih

Jangan khawatir, harga tiket masuk Ancol masih terjangkau kok. Lagian, harga tiket itu bisa kita gunakan sampai malam hari. By the way, Ancol di saat pandemi ini tetap buka setiap hari mulai pukul 6 pagi sampai 8 malam ya.

Lebih enak, kita bisa datang pagi hari. Jadi tidak berjubel dengan pengunjung lain. Meski Dufan baru buka sekitar pukul 10 siang, kita bisa datang lebih awal dengan muter-muter di Ancol. Oh ya, Dufan hanya beroperasi hingga pukul 5 sore ya.

Kita bisa jogging atau naik kereta di kawasan Ancol. Atau sambil duduk-duduk menikmati semilir angin pantai yang bersih. 

Bisa juga naik sepeda lipat yang bisa kita bawa dari rumah. Kita bisa mengitari kawasan Ancol sambil olahraga ringan. 

Harga tiket masuk Ancol sekitar Rp 25 ribu per orang. Jika memakai kendaraan pribadi, cukup menambahkan harga tiket kendaraan mobil Rp 25 ribu atau Rp 15 ribu untuk sepeda motor. Jika menggunakan TransJakarta atau kendaraan umum lain, ya cukup membayar tiket moda tersebut saja.

Kita juga enggak perlu repot antre membeli tiket Ancol atau Dufan. Pembelian tiket Ancol hingga Dufan serta taman hiburan lainnya di Ancol bisa dilakukan secara daring (online). 

Kita juga engga perlu repot mencetak tiketnya. Tiket sudah dikirim melalui surat elektronik (surel/e-mail) yang kita daftarkan saat membeli tiket. 

Nanti di loket masuk, kita hanya perlu memindai (scan) tiket kita. Praktis dan langsung beres. Tinggal masuk tanpa perlu antre panjang.  

Kita bisa membeli tiket tersebut dari rumah atau di mana saja, asal ada akses internetnya ya. Yang penting, kita membeli satu hari sebelum jadwal kunjungan. Soalnya Ancol mengantisipasi kerumunan pengunjung dengan membatasi jumlah orang yang datang.

Ini akan bikin liburan kita jadi aman tanpa takut kerumunan orang di setiap wahana. Sekarang sudah enggak bingung lagi kan

Tiket Annual Pass Dufan

Liburan ke Dufan makin menyenangkan. Akhir pekan lalu, aku coba membandingkan harga tiketnya sebelum datang ke lokasi.

Harga tiket reguler Dufan sekali masuk sekitar Rp 200 ribu. Untuk promo masuk tiket reguler dan Magic House sekitar Rp 140 ribu. Ada juga tiket Dufan bundling dengan naik Gondola sekitar Rp 240 ribu. Kalian bisa pilih paket tiket untuk disesuaikan dengan keinginan keluarga ya. Oh ya, harga tiket ini berlaku untuk satu orang.

Jika mau lebih hemat lagi, aku saranin beli tiket Annual Pass Dufan. Soalnya, ini akan lebih murah. Apalagi kita yang mau bolak-balik ke Dufan. 

Jadi ini harga tiket paket setahun gitu. Nanti kita tidak perlu membayar lagi untuk kunjungan selanjutnya. Mau tiap hari juga boleh kok. Asal kuota harian masih tersedia ya selama masa pandemi ini. 

Harga tiket Annual Pass Dufan kali ini dibanderol Rp 299 ribu. Kalau dibandingkan dengan harga tiket reguler, tentu ini lebih murah. Untuk reguler hanya bisa dipakai sehari. Namun untuk annual pass, bisa dipake setahun penuh loh

Menariknya lagi, kita tidak perlu datang hingga antre ke Balai Kota (kawasan wisata Dufan) untuk membuat kartu annual pass-nya. Dulu sih emang harus melalui proses ini. 

Tahun ini, Taman Impian Jaya Ancol bikin inovasi yang memudahkan pengunjung datang, termasuk urusan tiketnya. 

Kita bisa membeli di website Ancol. Nanti tiketnya akan berbentuk e-card (kartu elektronik) yang bisa dipindai langsung di loket masuk Dufan. Kartu tersebut akan dikirimkan ke surel (e-mail) saat kita membeli paket annual pass tersebut. Asyik banget kan?

Cara Pembuatan E-Card Annual Pass Dufan

Untuk pembuatan e-card annual pass Dufan, kita cukup mengunjungi website Ancol. Di bagian tiket, pilih rekreasi yang kamu mau. 

Cari yang Dunia Fantasi, pilih annual pass Dunia Fantasi. Tekan beli tiket. Nanti akan ada pernyataan kesehatan Taman Impian Jaya Ancol yang wajib kita baca dulu sebelum menyetujuinya.

Misalnya, tidak memiliki riwayat penyakit penyerta/komorbid, hamil, atau sedang terpapar COVID-19. Jangan sampai kita sedang demam, batuk, pilek atau sesak nafas. Bahaya juga kalau sakit malah liburan. Lebih enak di rumah aja dulu. Nanti kalau sudah sembuh, baru liburan lagi. Lagian Ancol dan Dunia Fantasi tidak akan berpindah ke mana pun kok. Masih di situ saja. Hehehe..

Setelah pemesan tiket Annual Pass Dunia Fantasi ini, kita akan diarahkan untuk mengisi data pribadi. Misalnya alamat e-mail, nomor telepon, nama diri, jenis kelamin, nomor KTP, referral code (jika memiliki, bukan kode voucher), hingga tanggal lahir. 

Proses ini akan berlanjut dengan pembayaran yang bisa dilakukan melalui transfer ATM, mobile banking dan saluran pembayaran lainnya. Praktis banget.

Setelah selesai, bukti pemesanan akan dikirimkan melalui e-mail yang kita daftarkan tadi. Termasuk kode tiket annual pass-nya.

Setelah membeli tiket annual pass Dufan, kita harus membuat ecard annual pass Dufan. Prosesnya cepat. Tinggal memasukkan kode tiket annual pass, dan ikuti langkah-langkah berikut ya.

Bagian pindai sidik jari ditiadakan karena proses pembuatan kartu annual pass ini secara virtual. Tenang aja kok. Proses ini tetap sah. Kan yang penting biodata diri, foto dan pembayaran.

Setelah semua selesai, kartu ecard annual pass Dufan akan kembali dikirim melalui email. Di bagian pojok ecard annual pass akan ada QR Code yang akan digunakan untuk pindai (scan) di loket Dufan. Ayo buruan ikutan bikin.

Kelebihan E-Card Annual Pass Dufan

Kelebihan E-Card Annual Pass Dufan terletak pada kepraktisan dalam penyimpanan. Annual Pass Dufan versi reguler masih berbentuk kartu fisik. Kartu ini bisa rawan hilang, terutama jika kita tak pandai menyimpan.

Ditaruh di dompet, bisa saja kita kecopetan. Dititipkan teman, ya khawatir juga bisa hilang. Ditaruh di mobil, khawatir jatuh dan terinjak. Saat bersih-bersih mobil, bisa saja tukang bersih-bersih malah membuangnya.

Nah, untuk E-Card Annual Pass Dufan ini tidak perlu takut hilang. Kartu digital bisa disimpan melalui e-mail atau screenshot, lantas disimpan di galeri ponsel. 

Penyimpanan melalui awan (cloud) juga bisa. Kita bisa menyimpan melalui Google Drive atau layanan serupa lainnya. Praktis. 

Nanti saat kunjungan, kita bisa mengaksesnya kembali. Tinggal menunjukkan ke petugas loket, pindai, selesai deh

Fasilitas Annual Pass Dufan

Fasilitas E-Card Annual Pass Dufan juga makin komplit. Selain gratis masuk Dufan selama setahun, kita akan mendapatkan beragam diskon di berbagai i di kawasan Ancol dan Dufan.

Fasilitas itu antara lain bebas antre masuk di loket Dufan. Tentu saja karena proses pindai sangat cepat. Petugas banyak disiapkan di loket masuk. Proses pindai tiket juga cepat karena mesin terbaru dan termutakhir.

Diskon di merchant antara lain diskon 20 persen ke Pulau Bidadari Resort. Ada juga diskon 20 persen di restoran di Dufan seperti Dekko 1, Dekko 2, Basoka, O’Shake, dan Potato Day.

Tak ketinggalan diskon 10 persen di Restoran Ayam Tepi Laut dengan minimal pembelian Rp 100 ribu. Lalu ada diskon serupa di Restoran Ombak Laut dengan minimal pembelian Rp 200 ribu. 

Untuk suvenir, kita bisa dapat diskon 10 persen di merchandise Dufan dengan minimal pembelian Rp 100 ribu. Menarik sekali, bukan?

Di kawasan Ancol, kita bisa mendapatkan potongan Rp 100 ribu di Bandar Djakarta Ancol. Ingat ya, promo ini hanya berlaku mulai 12 April hingga 31 Desember. Masih lama kok

Protokol Kesehatan Di Dunia Fantasi

Sebelum datang ke Dufan, pastikan kesehatan kita dan keluarga terjamin. Jangan sampai sakit tapi malah dipaksakan datang demi sebuah kesenangan. Nanti takutnya malah menularkan ke yang lain.

Jangan lupa membawa masker. Syukur kalau membawa lebih dari satu. Jadi bisa bergantian saat siang dan sore harinya. Untuk pemakaian masker kan biasanya hanya berlaku sekitar empat jam. 

Memakai masker yang bersih tentu bikin kita lebih aman dari bakteri dan virus yang menyerang. Positifnya, ya kita akan terjaga dari kuman-kuman.

Lebih nyaman lagi, kita bisa membawa sendiri hand sanitizer. Memang sih, di setiap wahana di Dufan akan selalu disediakan hand sanitizer untuk pengunjung. Petugas juga akan mengecek suhu pengunjung. Jika suhu lebih dari 37 derajat celsius, kita dilarang naik wahana. Jadi aman deh.

Di setiap sudut wahana di Dufan juga telah tersedia tempat cuci tangan. Pastikan kita selalu cuci tangan sebelum dan setelah naik wahana ya. Ini demi kebaikan bersama.

Tak lupa, kita wajib menjaga jarak dengan pengunjung lain. Di setiap wahana juga dibatasi kursi antar pengunjung. Jadi kita tidak akan berdesakan saat naik wahana apapun di Dufan selama pandemi ini.

Manfaat Rekreasi Wisata Outdoor

Sudah lebih dari setahun pandemi COVID-19 menyerang Indonesia. Sudah ribuan bahkan jutaan korban terkena dampak virus mematikan ini.

Untuk menjaga imunitas diri, alangkah lebih baik kita menghabiskan waktu untuk liburan. Sejenak melepaskan lelah dan penat dari rutinitas harian.

Di Dufan, kita bisa melihat beragam wahana dengan suasana yang segar. Beragam pohon telah ditanam di sekitar wahana sehingga memberikan kesegaran ganda bagi setiap pengunjungnya. 

Lokasinya yang berada di dekat pantai membuat semilir angin membawa kedamaian. Kesenangan saat bersama keluarga sambil menikmati beragam wahana menjadi hiburan yang tak ternilai harganya.

Jika datang saat pagi, kita bisa berjalan-jalan sambil berjemur. Tentu ini akan menyehatkan karena mendapatkan vitamin D yang sangat diperlukan badan.

Sambil berteriak dengan memainkan wahana menantang bikin adrenalin makin tegang. Kondisi ini bisa digunakan untuk melepaskan stres yang biasanya menghinggapi pekerja kantoran atau pekerja apapun yang lelah dari rutinitas harian.

Dengan beragam wahana dan fasilitasnya, liburan di Dufan kini makin menyenangkan, bukan?

20 thoughts on “Liburan di Dufan Kini Makin Menyenangkan”

  1. Canggih sekarang pakai e-card buat ke Dufan, jd ngga ilang selama masih tersimpan di smartphone ya.

    Kalo deket keknya aku juga bakal sering ke sini deh karena banyak wahana outdoornya, jd relatif aman di masa pandemi gini.

  2. Makasih infonya nih Kak…
    Banyak diskon ya kalau mau rekreasi ke Dufan sekarang. Harus atur-atur banget nih kalau dari Bandung.
    Dah lama banget engga ke sana, wahananya pasti nambah banyak yah…Wow, malah banyak ditanam pohon. Penasaran nih…

  3. Hastin Pratiwi

    Ya kali Mas liburan saat sakit, jangan sampai lah yaa. Yang ada malah nularin orang, hehehee…
    Mantap ada annual card dari Dufan, bikin liburan di sana makin hemat dan puas nyobain aneka wahana. Jadi ingat, dulu pernah jalan kaki keliling Ancol bareng teman-teman tanpa naik kendaraan sama sekali. Maksudnya sekalian olahraga. Melelahkan, tapi sekaligus menyenangkan.

  4. Sebagai anak daerah, aku tu mupeng banget kalau liat orang main di Dufan 🥲. Kemaren pas ke Jakarta ga sempat ke Dufan karena waktu huhuhu, ternyata tiket nya cukup terjangkau yaaa.

  5. Belum pernah ke Dufan sama sekali huhu, tapi setelah baca artikel ini jadi dapatlah gambaran gimana nanti masuk ke Dufan jadi gak kayak orang baru pertama kali hehe.
    Izin save ya mas

  6. Artha Nugraha Jonar

    Ancol dan Dufan, salah satu tempat yang wajib dikunjungi kalau di Jakarta. Dulu waktu masinh tinggal di Tangerang sempat kepikiran juga beli annual tiket untuk Dufan ini. Karena setelah dihitung-hitung itu jadi lebih hemat daripada beli tiket terus setiap mau kesana. Sekarang annual tiketnya lebih praktis ya, karena lewat digital.

  7. Tarif Trans Jakarta masih tetep ya. Rp 3.500, keren, gak pernah naik. Padahal udah 10 tahunan.

    Liburan ke Dufan sekarang makin asyik karena wahananya makin komplit. Tapi kalau bawa sekeluarga, bisa jebol dah dompetnya. Perlu banget pakai Annual Card kalau mau liburan banyak orang.

    Pesen tiket Annual Card juga gampang banget ya. Perlu nih, biar nanti kalau abis pandemi bisa jalan-jalan ke sana.

  8. Duh, destinasi wisata impian yang belum kesampaian dari sekarang. Mana bisa liat sunset pula. Ah, kapan ya bisa ke dufan 🙄

  9. Terakhir ke Dufan dah lama banget, kayaknya tahun 2007 apa ya. Sejak pindah ke Jatim malah belum pernah ke sana lagi, anak-anak bakalan suka. Kalau lihat benefitnya, enakan pake annual pass sih Mas. praktis dan jatuhnya lebih murah. Ga perlu antre itu loh, eksklusif. Btw, ongkos TransJakarta masih 3.500 ya sekali trip, wah dah berapa tahun ga berubah. Sukses selalu wisata Jakarta!

  10. Asik bisa dapetin annualnya lewat web. Ini memang sangat memudahkan apalagi terbilang hemat ya, bisa bolak balik kapan aja buat liburan ke dufan

  11. Sudah lama bangetttt nggak ke Dufan. Sebelum. Pindah ke Jatim, dulu sering banget keliling di Dufan. Pakai annual pass emang worthed banget sih kak.

    Di masa pandemi seperti ini pasti Dufan punya protokol kesehatan yang sudah sesuai standar tempat wisata ya. Nice.

  12. Dari sebelum pandemi sebenernya udah rencana pengen ke Dufan tapi ya emang pengen nunggu situasi lebih kondusif dulu soalnya ada bayi juga

  13. Pas ke Jakarta tahun 2019 cuma sempat ke Sea World, nggak sempat main ke Dufan. Baca ini jadi pengen ke sana. Dengan annual pass Dufan lebih murah dan nyaman ya, mainnya.

  14. Tiap lihat blog/vlog teman-teman yang bahas Dufan jadi kepengen deh main kesana. Tapi di tempat saya vaksin belum selesai jadi mungkin menunggu selesai vaksin tahap dua dulu. Biar lebih aman dan tenang aja ^^

  15. saya pernah sekali tahun 2018 ke dufan kebetulan lagi ada event ASIAN GAMES 2018, gilaa sih sekali masuk memang ada tempat yang mahal dan murah tergantung kelas atau tingkatannya

  16. ahh jadi kangen dufan aku
    sekarang klo pake anual pass jadi makin mudah ya mas
    nggak perlu khawatir juga, karena dufan sudah menerapkan protokol kesehatan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *